Wartel Yang Bermutu


" Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan sebagai ungkapan terima kasih, kami akan berikan 1 e-book mengenai usaha gratis untuk anda. Silahkan unduh disini atau disini "


.BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang memungkinkan dikembangkannya  tanaman sayur-sayuran yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sayuran sangat berperan dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan peningkatan gizi karena mengandung sumber vitamin, serat dan mineral yang dibutuhkan manusia. Namun tingkat konsumsi sayuran di Indonesia masih di bawah standar. Aswaldi et al. (2005) menyatakan bahwa konsumsi sayuran di Indonesia diprediksikan akan mengalami peningkatan sejalan dengan membaiknya kondisi perekonomian dan meningkatnya taraf pendidikan masyarakat. Peluang meningkatnya permintaan tersebut perlu diantisipasi dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas produk sayuran yang dihasilkan petani Indonesia. Untuk memenuhi permintaan sayuran tersebut, diharapkan sayuran yang diproduksi petani bebas dari penggunaan bahan-bahan sintetik yang dapat membahayakan tubuh manusia, menyebabkan pencemaran dan kerusakan lingkungan sehingga sayuran tersebut aman dan sehat jika dikonsumsi dengan menerapkan pertanian organik

1.2. Rumusan Masalah
            Adapun rumusan Permasalahannya adalah apakah pengertian wartel, apakah manfaatnya, apakah perbedaan watel bermutu dan tidak bermutu.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Pengertian
Wortel (daucus carota) yaitu tumbuhan sayur yang ditanam dalam setahun penuh. Terlebih di tempat pegunungan yang mempunyai suhu udara dingin serta lembab, lebih kurang pada ketinggian 1200 ineter diatas permukaan laut. 

Tumbuhan wortel mernbutuhkan cahaya matahari serta bisa turnbuh pada sernua musim. Wortel memiliki batang daun basah yang berbentuk sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang nampak dari pangkal buah sisi atas (umbi akar), serupa daun seledri. Wortel suka tanah yang gembur serta subur. Menurut beberapa botanis, wortel (daucus carota) bisa dibedakan atas sebagian type, diantaranya : wortel (daucus carota, linn.) – Type imperator, yaitu wortel yang mempunyai umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing serta terasa kurang manis. – Type chantenang, yaitu wortel yang mempunyai umbi akar berupa bulat panjang serta terasa manis. – Type mantes, yaitu wortel hasil kornbinasi dari type wortel imperator serta chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye.
Bagian wortel yang bisa dimakan yaitu bagian umbi atau akarnya. Wortel merupakan tumbuhan biennial ( siklus hidup 12 – 24 bln. ) Yang menyimpan karbohidrat didalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada th. Ke-2. Batang bunga tumbuh setinggi lebih kurang 1 m, dengan bunga berwarna putih.
Wortel bisa dimakan dengan beragam cara. Pada wortel mentah cuma 3% ß ;-ririencha yang dilepaskan sepanjang sistem pencernaan, sistem ini bisa ditingkatkan sampai 39% melewati pulping, memasaknya serta memberikan minyak sawit. Dapat juga lewat cara di bikin jus wortel serta kandungan vitaminnya nyaris sama juga dengan wortel yang dimakan demikian saja.
Wortel bisa menaikkan jumlah produksi tomat bila ditanam di rumahmu. Bila wortel dibiarkan berbunga, wortel dapat mengeluarkan aroma herbal yang menarik tawon predator untuk datang serta membunuh hama kebun.

2.2. Ciri –ciri Wartel  yang Bermutu
Permukaan halus ini menandakan kualitas wortel yang bagus. Warna wortel yang cerah dengan daun wortel yang berwarna hijau segar dan masih menempel dengan wortel adalah ciri-ciri wortel yang segar.


secara fisik lihatlah wortel yang tidak retak, tekstur yang tidak lembek dan tidak bonyok. Karena kondisi fisik yang kurang bagus dapat mempengaruhi kualitas dari vitamin buah wortel tersebut.

2.3. Khasiat Wortel untuk Kesehatan

Kesehatan mata. Wortel kaya betakaroten ( vit. A ), zat gizi mutlak yang dibutuhkan oleh mata. Senyawa ini memanglah tidak bisa mengobati kebutaan, tetapi bisa melakukan perbaikan situasi mata disebabkan kekurangan vit. A. Karakternya yang antioksidan bisa menghindar katarak serta degenerasi makula yang sering menimpa beberapa lanjut usia.
Kolesterol. Penelitian oleh robertson dkk tunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah tiap-tiap hari sepanjang 3 minggu, kolesterolnya turun sejumlah 11%. Begitupun penelitian yang dikerjakan di harvard university, as. Mereka yang makan wortel 5 kali 1 minggu, turunkan risiko stroke sampai 68%. Namun dari penelitian di kampus brussels diketahui vit. A yang terdapat didalam wortel bisa menghindar cacat serta kematian disebabkan stroke. Diperkirakan penurunan kandungan kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, type serat larut.
Kanker. Penelitian yang dikerjakan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York tunjukkan orang yang tubuhnya rendah kandungan betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Sebab itu, beliau menyarankan agar beberapa perokok konsumsi wortel serta bahan makanan yang lain yang tinggi karoten untuk menghindar kanker paru. Nyatanya, tak hanya kaknker paru, betakaroten dan senyawa yang lain yang juga berbentuk antioksidan pada wortel bisa menghindar kanker mulut, tenggorok, saluran kemih, lambung, usus, pankreas, serta payudara. Untuk memperoleh faedah wortel sebagai antikanker, wortel butuh dimasak agar senyawa karotennya terlepas. Dengan dimasak, kandungan karotennya naik 2 – 5 kali lipat.



2.4. Kualitas Wartel
Periksa tekstur wortel dengan memegangnya. Jika wortel lembek dan mudah dibengkokkan, berarti sayuran oranye tersebut tidak segar. Sebaiknya pilih yang berwarna terang dan tidak ada akar kecilnya. Jika Anda membeli wortel yang masih ada daunnya, maka daun tersebut bisa diolah jadi sup.

2.5. Perbedaan Wartel yang Bermutu dan Wartel yang Tidak bermutu
1. Pilihlah bentuk wortel yang tidak retak. Tekstur dari wortel perlu Anda cermati, secara fisik pilihlah wortel yang tidak retak, tekstur yang tidak lembek dan tidak bonyok. Karena kondisi fisik yang kurang bagus dapat mempengaruhi kualitas dari vitamin buah wortel tersebut. Pilihlah warna yang cerah dan tidak pucat.
2. Perhatikan ukuran wortel. Pilihlah wortel dengan ukuran sedang (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil) dengan ujung dari wortel berbentuk lancip. Ukuran sedang ini ditujukan agar Anda mudah mengolah dari sayuran wortel tersebut. Di sisi lain, ukuran wortel yang terlalu besar, maka ukuran pangkal dari umbi akan lebar, yang menandakan bahwa wortel tersebut tua sehingga lebih keras wortel tersebut.
3. Pilih wortel dengan permukaan yang halus. Permukaan halus ini menandakan kualitas wortel yang bagus. Warna wortel yang cerah dengan daun wortel yang berwarna hijau segar dan masih menempel dengan wortel adalah ciri-ciri wortel yang segar dan masih baru.
4. Pilih wortel yang masih muda. Mengapa memilih wortel muda? Karena rasa yang lebih manis dan segar. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai salah memilih dengan baby wortel yang masih terlalu kecil dengan rasa manis yang berbeda dengan wortel muda.



















BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
Wortel (daucus carota) yaitu tumbuhan sayur yang ditanam dalam setahun penuh. Terlebih di tempat pegunungan yang mempunyai suhu udara dingin serta lembab, lebih kurang pada ketinggian 1200 ineter diatas permukaan laut. 
Permukaan halus ini menandakan kualitas wortel yang bagus. Warna wortel yang cerah dengan daun wortel yang berwarna hijau segar dan masih menempel dengan wortel adalah ciri-ciri wortel yang segar.













DAFTAR PUSTAKA

Agoes S. D., dan Lisdiana. 1995. Memilih dan Mengolah Sayur. Penebar Swadaya. Jakarta.
Ali, N. B. R., dan E. Rahayu. 1994. Wortel dan Lobak. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sudaryanto, Y.P. 2004. Pronsip-Prinsip Pertanian organis. Yayasan Bina Sarana Bakti. Bogor.

Yulianti, Winda. Pengusahaan Sayuran Organik Wortel (Daucus carota L.) dan Petsai (Brassica chinensis L.) di Yayasan Bina sarana Bakti, Cisarua-Bogor.


0 Response to "Wartel Yang Bermutu"

Post a Comment