REZEKI DATANG MENJEMPUT ANDA


" Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan sebagai ungkapan terima kasih, kami akan berikan 1 e-book mengenai usaha gratis untuk anda. Silahkan unduh disini atau disini "


REZEKI DATANG MENJEMPUT ANDA

v  Rezeki datang menjemput anda
Sesungguhnya rezeki itu mencari seorang hamba lebih kerap daripada apa yang dicari oleh ajalnya,
(Riwayat Thabrani melalui Abu Daud).

SUNGGUH luar biasa Allah SWT menjamin hamba-hambaNya di alam semesta ini. Dalam hadist ini jelas, rezeki pasti datang lebih banyak ketimbang maut yang datang hanya sekali. Ada hal menarik dari redaksional “rezeki mencari seorang hamba”, jika kita telusuri ini kebalikan dari pemikiran awam, bahwa selama ini banyak yang menggunakan ungkapan: carilah rezeki yang bertebaran di muka bumi. Artinya, kita harus aktif menjemput rezeki, yang dijanjikan Allah bisa datang dari mana saja, yang tidak kita sangka.
Hadist itu menegaskan bahwa “rezeki juga mencari seorang hamba”, bukan hanya luar biasa, tapi bisa juga menjadi semakin sulit. Dalam hal ini kesulitannya rezeki tak pernah mengatakan akan turun di mana, rezeki juga tak bilang kapan dan akan datang. Memang ada rezeki yang sudah jelas mengatakan turun di mana dan kapan, yakni gaji bulanan kita—itu pun jika kita bekerja tetap dan dibayar bulanan.
Harus kita yakini pula bahwa rezeki kita dalam satu rumah tak akan dikurangi oleh Allah SWT, walaupun yang bekerja hanya satu orang saja misalnya. Dan juga dalam setiap rezeki yang kita terima ada sebagian merupakan haknya istri, anak-anak, kerabat, anak yatim piatu, dan fakir miskin. Haknya orang lain itu bisa berupa nafkah buat anak istri, selebihnya bisa infak, sedekah, atau hadiah. Wajib hukumnya kita menjaga rezeki kita agar tak hilang atau jatuh kepada yang tidak berhak.
Bukannya tak bersyukur dengan rezeki “pasti” yang Allah berikan melalui gaji bulanan, seringkali kita tak cukup dengan gaji bulanan. Sehingga masih harus mencari rezeki selain gaji.

v  Keutamaan Memberi Nafkah Kepada Keluarga
Tidaklah Allah memerintahkan satu perkara, melainkan perkara itu pasti dicintaiNya dan memiliki keutamaan di sisiNya serta membawa kebaikan bagi para hamba. Termasuk masalah memenuhi nafkah keluarga.

Melalui lisan RasulNya Shallallahu 'alaihi wa sallam, Allah telah menjelaskan tentang keutamaan memberi nafkah kepada keluarga. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.
"Dinar yang engkau infakkan di jalan Allah, dinar yang engkau infakkan untuk membebaskan budak, dinar yang engkau sedekahkan kepada orang miskin, dan dinar yang engkau nafkahkan kepada keluargamu, pahala yang paling besar adalah dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu"

Al Hafizh Ibnul Hajar Al Asqalani berkata,”Memberi nafkah kepada keluarga merupakan perkara yang wajib atas suami. Syari’at menyebutnya sebagai sedekah, untuk menghindari anggapan bahwa para suami yang telah menunaikan kewajiban mereka (memberi nafkah) tidak akan mendapatkan balasan apa-apa. Mereka mengetahui balasan apa yang akan diberikan bagi orang yang bersedekah. Oleh karena itu, syari’at memperkenalkan kepada mereka, bahwa nafkah kepada keluarga juga termasuk sedekah (yang berhak mendapat pahala, Pen). Sehingga tidak boleh memberikan sedekah kepada selain keluarga mereka, sebelum mereka mencukupi nafkah (yang wajib) bagi keluarga mereka, sebagai pendorong untuk lebih mengutamakan sedekah yang wajib mereka keluarkan (yakni nafkah kepada keluarga, Pen) dari sedekah yang sunnat.”

Adalah satu hal yang sangat tidak logis, apabila ada suami yang makan-makan bersama teman-temannya, mentraktir mereka karena ingin terlihat hebat di mata mereka, sementara anak dan isterinya di rumah mengencangkan perut menahan lapar. Dimanakah sikap perwira dan tanggung jawabnya sebagai suami?

Satu hal yang juga tidak kalah penting untuk diingat, bahwa suami wajib memberi nafkah dari rizki yang halal. Jangan sekali-kali memberi nafkah dari jalan yang haram, karena setiap daging yang tumbuh dari barang yang haram berhak mendapat siksa api neraka. Sang suami akan dimintai pertanggungan jawaban tentang nafkah yang diberikan kepada keluarganya.

v  9 alasan untuk  tidak menyerah
1. Semua mungkin terjadi selama kita masih hidup
Satu-satunya alasan yang dapat menghentikan langkah adalah kematian. Selama masih hidup, Anda memiliki banyak pilihan untuk mencoba mencapai keberhasilan tertinggi.


2. Jadilah realistis
Kesempatan untuk menguasai sesuatu membutuhkan waktu. Jika Anda melakukan kesalahan, belajarlah dari kesalahan tersebut. Jadikan kesalahan sebagai pengalaman.
Anda lebih kuat dari apa yang Anda pikirkan. Sebanyak 1.000 kegagalan tidak akan mampu mencegah Anda untuk meraih kesuksesan.

4. Pembuktian diri
Anda perlu melakukan pembuktian diri bahwa Anda bisa melakukannya. Tunjukkan diri pada dunia bahwa Anda mencapai apa yang Anda inginkan.

5. Percaya pada mimpi
Jangan mengkhianati diri sendiri. Jika ada banyak orang yang mengatakan Anda tidak bisa melakukannya, jangan dengarkan mereka. Jangan biarkan orang lain merusak impian Anda.

6. Keluarga dan teman
Biarkan orang yang Anda cintai menjadi inspirasi. Biarkan mereka membantu Anda bergerak maju. Mungkin Anda bisa melihat dan menemukan sudut pandang lain dari mereka untuk belajar.

7. Banyak orang yang lebih lemah
Jangan menyerah hanya karena berpikir Anda lemah. Masih banyak orang yang lebih lemah dari Anda. Apakah Anda menyerah berlari 5 kilometer? Pikirkan tentang orang-orang yang tidak mampu berjalan.

8. Anda berhak untuk bahagia
Anda berhak untuk sukses dan bahagia. Jangan menyerah sampai Anda mencapai tujuan.

9. Ciptakan terobosan baru
Jika Anda merasa berada dalam kondisi ingin menyerah, berpikirlah untuk ciptakan terobosan besar. Dengan terobosan besar, Anda akan termotivasi untuk berada di ambang kesuksesan.

Anda sangat berharga
“Siapa”-lah yang membuat “apa” menjadi berharga.

Bukan sebaliknya, “apa” yang menjadikan “siapa” diri Anda menjadi lebih berharga!

Benda hiduplah yang memberi nilai dan energi pada benda mati, bukan sebaliknya…

Itu sebabnya bola basket bekas dipakai Michael Jordan diperebutkan, bisa terjual 80 juta dollar, sedangkan bola basket bekas dengan merk sama yang telah Anda pakai bertahun-tahun, bila kita jual harganya justru malah turun.
Jadi sunguh ironis jika jaman sekarang orang cenderung menilai orang lain atau teman-temannya, hanya sebatas dari berapa harga Blackberry-nya atau berapa harga tas Louis Vuitton serta Sepatu Jimmy Choo-nya.

Hidup ini kok lucu ya rasanya, kita seperti mengejar fatamorgana, bila dilihat dari jauh, mungkin kita melihat air atau emas di kejauhan yang berkilauan, namun ketika kita kejar dengan segenap tenaga kita & akhirnya kita sampai, yang kita lihat yah cuman pantulan sinar matahari atau corn flakes saja oh…ternyata.

Lucu bila setelah Anda membaca tulisan di atas
Namun Anda masih mengejar fatamorgana tersebut, ketimbang menghabiskan waktu Anda yg sangat berharga bersama dengan orangtua yg begitu mencintai Anda, memeluk hangat istri/kekasih Anda, mengatakan “I love you atau Mahal Kita” kepada orang – orang yang Anda cintai: orang tua, istri, anak, sahabat-sahabat Anda.

Lakukanlah ini selagi Anda masih punya waktu, selagi Anda masih sempat, Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan meninggal, berikanlah yang terbaik untuk keluarga anda,





v  Aldo 10 Cara Bergaransi Sukses Memulai Usaha Sendiri
Lebih realistis. Saat membuat model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh sukses dari model bisnis yang aldo kehendaki, lalu pelajari. Bila aldo tak dapat menemukan, entah aldo yang luar biasa jenius, atau model bisnis aldo tidak bakal berhasil di dunia nyata.
Juga jika aldo ingin memulai terjun ke suatu bisnis yang sama sekali aldo tidak tahu, aldo harus langsung belajar kepada yang sudah terjun kesana sudah lama

Jangan menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, jika semuanya tidak berjalan semua rencana, aldo tidak bakal bangkrut karena dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.

Perbudak diri sendiri. Jika aldo tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk aldo. Pada awalnya, aldo pasti tidak akan mampu membayar karyawan, sekalipun karyawan yang murah. Jadi, karyawan aldo, adalah aldo sendiri.

Hargai waktu. Beri nilai uang pada waktu aldo, misalnya Rp20 ribu perjam. Ini akan membantu saat aldo harus mengambil keputusan: Bila sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan aldo membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus ongkos kirim dari perusahaan tersebut, karena lebih murah. Ini mungkin bertentangan dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga memiliki nilai ekonomi.

Rekrut karyawan dengan baik. Tanpa memedulikan ukuran usaha aldo, pada akhirnya aldo akan merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, lakukan proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perlakukan hal tersebut sepenting saat aldo memulai usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

Jual kelebihannya, bukan harganya. Saat aldo memulai usaha, sudah sewajarnya aldo frustasi memasarkannya.Tapi, jika aldo bersaing pada harga, aldo pada akhirnya kan menjual dengan harga pas-pasan atau bahkan di bawah modal. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk menjelaskan bahwa harga produk aldo lebih tinggi karena memiliki nilai yang lebih baik.

Ketahui angka dasar. Mengetahui berapa banyak uang yang aldo butuhkan untuk menjalani usaha – mulai dari sewa toko, listrik, asuransi karyawan, sampai harga tinta printer, kertas, dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun aldo akan buka, dan… itulah angka dasar – jumlah minimum pendapatan yang aldo butuhkan setiap hari. Jika aldo tidak pernah berpikir tentang angka dasar, coba pikir ulang.


Perlakukan vendor dengan baik. Perlakukan vendor dan suplier aldo sebaik mungkin, seperti halnya aldo memperlakukan para pelanggan. Mereka bisa saja memberikan diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan aldo, atau bahkan demi menjaga hubungan baik, serta berharap ada peningkatan volume di masa mendatang. Hubungan yang baik membuat mereka juga dapat memahami keterlambatan pembayaran, bahkan memberikan pengiriman gratis.
Jadilah yang terbaik. aldo tidak boleh setengah-setengah.Setiap hal yang aldo lakukan untuk klien harus lah yangterbaik. Apapun yang aldo buat dan jual, haruslah yang terbaik. Lakukan itu terus menerus, dan kekuatan word of mouth akan menyebar


v   Kiat Mengelola Pendapatan yang Terbatas Menjadi Kesuksesan (Rahasia Miliarder Li Ka-Shing)

Li Ka-Shing adalah seorang miliarder Hong Kong yang menjadi satu-satunya orang Asia yang masuk dalam 10 besar orang terkaya di dunia. Ia lahir di Choazhou China tahun 1928. Masa kecilnya hidup prihatin karena ayahnya meninggal ketika dia berusia 12 tahun. Ia harus menyambung hidup dengan bekerja dari satu tempat ke tempat lain. Dan kini, berkat ketekunan dan kegigihannya ia memiliki Hutchison Whampoa Limited (HWL) dan Cheung Kong Holding, perusahaan operator terminal container dan pengecer produk kecantikan terbesar di dunia.

Beberapa waktu lalu saya menerima email dari Drh Olan Sebastian berisi petuah Li Ka Shing tentang bagaimana mengelola uang dengan bijak. Ia menguraikan sebuah rencana 5 tahun yang sangat inspiratif untuk mengubah nasib.


“Seandainya pendapatan bulanan kamu hanya sekitar Rp 4 juta, kamu bisa hidup dengan baik. Saya akan membantu membagi uangmu ke dalam 5 bagian,” pesan Li Ka Shing.

Kumpulan uang yang pertama, untuk kebutuhan hidup sehari-hari yang sangat sederhana. Anggarkan uang maksimal Rp 38 ribu per hari. Sarapan cukup dengan bihun atau mi, sebutir telur dan segelas susu. Makan siang pun sehemat mungkin. Untuk makan malam masak sendiri, cukup dengan 2 jenis sayuran dan segelas susu sebelum tidur. Untuk satu bulan, biaya untuk makan seperti ini kira-kira menghabiskan Rp 1,2 juta.

Kumpulan uang yang kedua, untuk networking, perluas jaringan pertemanan. Tentunya hal ini akan membuat Anda dikenal oleh banyak orang. Anggarkan tagihan telpon sekitar Rp 185 ribu, kemudian Anda bisa mentraktir teman 2 kali dalam sebulan, masing-masing Rp 200-300 ribu. Siapa yang Anda traktir? Selalu ingat mentraktir makan siang untuk orang-orang yang lebih pandai atau memiliki wawasan lebih, yang lebih kaya, atau orang-orang yang telah membantu Anda berkarir. Pastikan melakukan ini setiap bulan. Setelah satu tahun, lingkaran pertemanan akan menghasilkan nilai yang luar biasa.

Kumpulan uang yang ketiga, untuk belajar. Sisihkan sekitar Rp 200 ribu untuk membeli buku. Karena tidak memiliki banyak uang, maka harus belajar. Bacalah buku itu dengan saksama dan pelajari pelajaran dan strategi yang diajarkan di dalam buku itu. Coba buat ringkasan buku dengan bahasamu sendiri. Coba berbagi pengetahuan dengan orang lain tentang isi buku itu sehingga akan meningkatkan kepercayaan dan daya tarik Anda. Juga simpanlah uang hingga Rp 300 ribu untuk menghadiri sesi pelatihan. Ketika memiliki pendapatan tambahan, cobalah untuk berpartisipasi untuk pelatihan lanjutan.

Kumpulan uang yang keempat, untuk berlibur ke luar negeri. Manjakan dirimu dengan pergi berlibur minimal sekali dalam setahun. Teruslah tumbuh besar dari pengalaman hidup. Tinggallah di penginapan murah untuk menghemat biaya liburan.

Kumpulan uang yang kelima, investasi. Tabung Rp 1 juta dan kembangkan sebagai modal awal bisnis apapun yang penting halal. Walaupun rugi dan kehilangan uang, anda tidak akan kehilangan terlalu banyak. Bagaimanapun, ketika mulai mendapatkan uang, hal itu akan meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian dan bisa mempelajari pengalaman baru dalam menjalankan bisnis. Ketika memperoleh uang lebih banyak, Anda bisa mulai melakukan investasi jangka panjang dan mendapatkan jaminan jangka panjang terhadap kekayaan financial Anda. Jadi tidak peduli apapun yang terjadi, akan selalu ada dana yang cukup dan kualitas hidup akan terjamin.

Nah, setelah berusaha selama setahun dan penghasilan masih tetap Rp 4 juta, itu berarti Anda belum sukses tumbuh sebagai seseorang. Anda seharusnya benar-benar malu terhadap diri Anda sendiri. “Pergilah ke supermarket dan beli tahu yang paling keras. Ambilah dan hantamkan tahu itu ke kepalamu karena kamu layak mendapatkannya,” pesan Li Ka-Shing.

Yusuf Mansur, ustad yang juga pengusaha, jika dikasih petuah ini, pasti akan menambahkan satu pesan. Ia mengatakan, jika mau kaya, sisihkan dulu pendapatanmu untuk bersedekah. Berapapun miskinnya, berbagilah dengan yang lebih miskin. Barulah sisanya untuk konsumsi dan investasi.

Petuah Li Ka-Shing, Yusuf Mansur maupun tokoh yang lain menegaskan bahwa hidup bisa didesain, karir bisa direncanakan, kebahagiaan bisa dipersiapkan. Anda harus mulai berencana sekarang. ***

v  Tips Jitu Agar Bisa Sukses Dalam Berwirausaha
Banyak orang ingin menjadi wirausaha sukses. Bagi yang sudah bekerja, ingin juga memulai dan memiliki usaha sendiri, menjadi wirausaha mapan alias sukses. Nah, kalo di dunia kerja, seorang karyawan mau tidak mau termotivasi bekerja karena adanya boss. Bila kerjanya tidak bagus, akan dapat teguran. Dan juga ada target2 kerja yang harus dicapai. Semua karena ada boss. Nah, bagaimana dengan wirausaha? Sebagai pelaku usaha, tentunya pemirsa sendirilah bossnya. Namun, bagi pelaku usaha baru,terkadang sulit. Karena kadang menjadi tidak disiplin terhadap target usaha sendiri. Apalagi bagi yang sambil kerja sambil membangun usaha. Terkadang fokus terpecah. Nah, bagaimana solusinya? Saya akan coba sharingkan di sini.

Nah, bagi pelaku usaha pemula, seringkali lalai untuk disiplin, apalagi yang memulai usaha sambil bekerja, sehingga usahanya jadi tersisihkan sebagai usaha sampingan. Padahal menurut saya, itu tidak boleh usaha sampingan, melainkan pekerjaan kedua (bagi yang kerja sambil usaha). Kalo menyebut sampingan, nanti disamping-sampingkan. Beda dengan kedua. Nah, untuk menjadi disiplin membangun usaha, tentunya haruslah memiliki Impian-impian apa yang harus dicapai.

Selanjutnya, kalau di dunia kerja ada bossnya, di dunia usaha juga punya bossnya. Ya, memang seorang pelaku usaha adalah bossnya. Namun, ada lagi “boss” yang lebih tinggi. Yaitu orang2 tercinta. Ya, buat siapa pemirsa membangun usaha. Kapan batas2 waktunya untuk mencapai goal atau impian. Bagi yang sudah punya keluarga, bisa jadi “boss”nya adalah pasangan dan anak, juga orang tua. Bagi yang belum berkeluarga, orang tua adalah bossnya. Lakukan untuk orang2 tercinta, rasakan kebahagiaan dan kebanggaan mereka ketika pemirsa berhasil memiliki usaha. Inilah “BOSS” yang bisa memacu motivasi sukses wirausaha pemirsa.

POST BY NASRUDDIN UNIGHA

 Fb. ZINAS VANZERSA DELIMA

0 Response to "REZEKI DATANG MENJEMPUT ANDA"

Post a Comment