Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Capella Dinamik Nusantara Surya Sakti Grong-Grong
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Persaingan dalam memperebutkan konsumen semakin lama menjadi semakin ketat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya alternatif produk yg dapat dipilih oleh konsumen. Munculnya produk-produk yg inovatif secara terus-menerus dalam waktu yg relatif singkat menuntut perusahaan untuk berupaya mengembangkan produk-produknya agar konsumen tertarik untuk melalukan pembelian terhadap produk-produk yg mereka tawarkan. Perkembangan industri sepeda motor sudah sangat pesat dalam beberapa tahun sebelumnya. Saygnya, perkembangan itu tidak diimbangi dengan perkembangan ekonomi masyarakat inodnesia pada umumnya.
Diera modern ini, sepeda motor merek honda telah ditujukan kepada semua kalangan orang dengan model sepeda motor yg mengikuti trend-trend yg ada, pengembangannya sangat canggih seperti: dilengkapi variasi bentuk dan jenis-jenis sepeda motornya. Maraknya persaingan antar perusahaan sepeda motor yg ada tentu akan menimbulkan masalah bagi produsen itu sendiri, dimana terjadi kompetisi didalam menarik konsumen sebanyak mungkin. Untuk menarik minat para pembeli, salah satu upaya yg dapat dilakukan adalah dengan perbaikan sistem pemasaran yg efektif. Pemasaran efektif dalam penerapannya bukan hanya bagaimana meningkatkan volume penjualan tetapi juga mengamati tingkah laku konsumen serta memenuhi keinginan konsumen melalui usaha perbaikan kualitas produk, promosi yg sesuai dengan harapan konsumen.
Perusahan sepeda motor cukup memperhatikan tentang kebutuhan dari konsumennya, diantaranya perusahaan cukup memilih mana yg paling cocok untuk karakteristik pasar. Dalam memasarkan sepeda motornya, perusahaan tidak menggunakan strategi yg dapat menghilangkan kepercayaan dari konsumen. Bahkan, perusahaan juga melakukan berbagai strategi pemasarannya seperti, promosi, undian hadiah dan berbagai kebijakan lainnya. Pada saat ini, pengguna sepeda motornya sudah terbiasa dengan fitur dan bentuk sepeda motor yg disediakan oleh perusahaan Honda khusunya dan juga berbagai suku cadang yg sesuai dengan kebutuhan dari dari sepeda motornya. Perusahaan Honda merupakan salah satu Perusahaan yg saat ini perkembangannya sangat pesat di dunia termasuk di Indonesia. Ini disebabkan karena sepeda motor merupakan kebutuhan skunder manusia. Permintaan kebutuhan sepeda motor hasil Perusahaan Honda akan terus meningkat seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat serta perubahan gaya hidup masyarakat atas perkembangan zaman.
Marketing Mix merupakan sekumpulan variabel-variabel pemasaran yg dapat dikendalikan, yg digunakan oleh perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yg diinginkan dalam target pemasaran. Marketing Mix sendiri didalamnya terdapat beberapa elemen marketing kalau jaman dahulu dikenal dengan unsur 4P, namun seiring berkembangnya jaman makin modern kini ada yg mengatakan marketing mix ada 7P artinya ada penambahan Tiga strategi lagi. bukan perkara salah atau benar dari kedua pendapat di atas tapi yg namanya strategi menurut saya kita bebas menambahkan selama apa yg ditambahkan bisa menjadikan strategi pemasaran yg kita lakukan semakin hebat.
Dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, seringkali perusahaan dihadapkan pada berbagai masalah, seperti kesulitan di dalam meningkatkan volume penjualan, adanya persaingan yg ketat dari perusahaan sejenis, semakin kompleksnya perilaku konsumen terhadap suatu produk, selera konsumen yg selalu berubah-ubah, serta kondisi ekonomi yg kurang menentu. Setiap kegiatan usaha yg bergerak dalam bidang produksi barang atau jasa, perlu dikelola secara efisien dan efektif guna mencapai tujuan usaha yg optimal, oleh karena itu sangat diperlukan adanya penerapan fungsi manajemen disamping memperhatikan pengaruh dari berbagai aspek.
Salah satu hal yg perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam melakukan pemasaran produk khususnya sepeda motor honda adalah dengan memahami kebutuhan konsumen, mengetahui kebutuhan konsumen dan selera dari pada konsumen. Keputusan pembelian merupakan hal yg penting, sebab dengan adanya pemahaman mengenai keputusan pembelian, maka perusahaan akan lebih mudah dalam membuat suatu perencanaan pemasaran serta penetapan kebijakan pemasaran dan sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan pemasaran, alasannya karena berhubungan dengan produk motor yg akan dijual kepada konsumen.
Dengan munculnya beberapa jenis produk sepeda motor honda, maka setiap masyarakat berupaya mencari tau tentang produk keluaran honda yaitu sepeda motor honda dengan jenis dan tipe yg berbeda. Hal ini tentunya menyebabkan konsumen semakin bebas memilih jenis sepeda motor honda yg sesuai dengan selera konsumen. Demikian halnya dengan perusahaan-perusahaan yg menjual sepeda motor merek honda di pasar Grong-Grong Kabupaten Pidie sebagai salah satu usaha yg dikunjungin konsumen, tentu sangat memperhatikan sistem pemasaran secara efektif pada Honda yg dipasarkan. Berdasarkan kondisi yg telah disebutkan di atas dimana begitu banyaknya produk-produk yg sama yg ditawarkan dari berbagai macam produsen sehingga meramaikan penjual-penjual sepeda motor khususnya merek Honda.
Salah satu tujuan kegiatan pemasaran perusahaan adalah mempengaruhi konsumen atau calon konsumen agar mereka mau membeli barang atau jasa perusahaan pada saat mereka membutuhkannya. Sebelum kegiatan pemasaran dilakukan, perusahaan perlu mempelajari dan memahami perilaku konsumen terlebih dahulu agar mereka dapat lebih tepat menetapkan kegiatan pemasarannya. Salah satu perilaku konsumen yg penting adalah perilaku dalam melakukan pembelian suatu barang atau jasa. Suatu kegiatan pembelian yg nyata merupakan salah satu tahap dari keseluruhan proses mental dan kegiatan fisik yg terjadi dalam periode waktu tertentu. Keputusan pembelian merupakan salah satu tahapan pembelian. Untuk lebih meningkatkan penjualan sepeda motornya, maka pihak penjual perlu memperhatikan strategi pemasaran dimana strategi pemasaran terdiri dari: kualitas produk, merek, harga dan promosi. Keempat faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian terhadap merek produk sepeda motor bermerek honda.
Berdasarkan uraian latar belakang masalah yg telah dikemukakan sebelumnya, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Capella Dinamik Nusantara Surya Sakti Grong-Grong”.
B. Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah yg akan dibahas pada penelitian ini adalah:
- Apakah produk, merek, harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Capella Dinamik Nusantara Surya Sakti Grong-Grong?
- Dari empat variabel yg diteliti variabel manakah yg paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Capella Dinamik Nusantara Surya Sakti Grong-Grong?
Penelitian ini memiliki berbagai tujuan. Adapun tujuan yg diharapkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui pengaruh produk, merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Capella Dinamik Nusantara Surya Sakti Grong-Grong.
- Untuk mengetahui variabel yg paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Capella Dinamik Nusantara Surya Sakti Grong-Grong.
Kegunaan Teoritis
Adapun kegunaan teoritis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengadakan penelitian yg berkaitan dengan produk, merek, harga dan promosi dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian.
- Menambah kepustakaan dalam bidang manajemen pemasaran, khususnya tentang teori-teori yg menygkut tentang produk, merek, harga dan promosi dan keputusan pembelian.
Adapun kegunaan praktis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu mengembangkan pemikiran bagi perusahaan Honda sebagai masukan dalam pertimbangan untuk pengambilan keputusan kebijaksanaan oleh pihak perusahaan dalam rangka meningkatkan usaha untuk mencapai tujuan yg telah ditetapkan yg berkaitan dengan masalah keputusan pembelian terhadap keputusan pembelian.
- Untuk lebih mengembangkan penalaran, membentuk pola pikir dinamis, sekaligus untuk mengetahui kemampuan penulis dalam menerapkan ilmu yg diperoleh.
0 Response to "Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada Capella Dinamik Nusantara Surya Sakti Grong-Grong"
Post a Comment