Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia - Manajemen sumber daya manusia (MSDM) merupakan salah satu bidang dari manajemen umum yg meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Proses ini terbisa dalam fungsi/bidang produksi, pemasaran, keuangan, maupun ke karyawanan. Karena sumber daya manusia (SDM) dianggap semakin penting peranannya dalam pencapaian tujuan perusahaan, maka berbagai pengalaman dan hasil penelitian dalam bidang SDM dikumpulkan secara sistematis dalam apa yg disebut manajemen sumber daya manusia. Istilah “manajemen” mempunyai arti sebagai kumpulan pengetahuan tentang bagaimana seharusnya memanage (mengelola) sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bidang dari manajemen umum yg meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksana dan pengendalian (Rival, 2005:1)


" Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan sebagai ungkapan terima kasih, kami akan berikan 1 e-book mengenai usaha gratis untuk anda. Silahkan unduh disini atau disini "


Manajemen sumber daya manusia (MSDM) didefinisikan sebagai suatu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi (Mangkunegara, 2008:2)

Sedangkan Simamora (2008:4) mengemukakan bahwa manajemen sumber daya manusia (MSDM) merupakan merupakan pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa, dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok karyawan.

Sule dan Saefullah (2009:13) mengemukakan bahwa:
Manajemen sumber daya manusia merupakan penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia yg terbaik bagi bisnis yg kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia yg terbaik tersebut bisa dipelihara dan tetap bekerja sama dengan kualitas pekerjaan yg senantiasa konstan ataupun bertambah.

Berdasarkan pengertian di atas, maka ada empat hal yg kian penting diperhatikan berkenaan dengan manajemen sumber daya manusia (MSDM) yaitu (Sule dan Saefullah, 2009:15):
  • Penekanan yg lebih dari biasanya terhadap pengintegrasian berbagai kebijakan sumber daya manusia dengan perencanaan bisnis.
  • Tanggung jawab pengelolaan sumber daya manusia tidak lagi terletak hanya pada manajer khusus, tetapi sekarang dianggap terletak pada manajemen       lini senior.
  • Perubahan fokus dari hubungan serikat pekerja manajemen menjadi hubungan manajemen karyawan, dari kolektivisme menjadi individualisme.
  • Terbisa penekanan aksentuasi pada komitmen dan melatih inisiatif di mana manajer berperan sebagai penggerak dan fasilitator.
Sedangkan Hasibuan (2008:11) berpendapat bahwa:
Manajemen sumber daya manusia merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dari pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemberhentian karyawan dengan maksud terwujudnya tujuan perusahaan, individu, karyawan, dan masyarakat.

Sedangkan Martoyo (2007:3) mengemukakan bahwa:
Manajemen sumber daya manusia (MSDM) merupakan bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, mengintepretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading), dan pengawasan (controlling).

Dari pengertian manajemen sumber daya manusia menurut para ahli di atas, maka bisa disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan bagian dari manajemen keorganisasian yg menekankan pada unsur SDM dan sudah menjadi tugas manajemen sumber daya manusia untuk mengelola unsur manusia secara baik agar diperoleh tenaga kerja yg tepat sesuai pekerjaannya, sehingga mampu bekerja optimal demi tercapainya tujuan perusahaan atau organisasi.

0 Response to "Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli"

Post a Comment