Ulasan Tentang Pengertian Promosi

Ulasan Tentang Pengertian Promosi

Ulasan Tentang Pengertian Promosi

A. Pengertian Promosi
               Promosi menurut Rahmadi (2008:79) merupakan salah satu dari empat unsur utama dari bauran pemasaran (marketing mix), dengan sarana promosi yaitu periklanan, promosi penjualan, dan publisitas. Sedangkan menurut Swastha (2007:67) promosi merupakan arus informasi atau persuasi satu arah yg dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yg menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Jadi promosi merupakan salah satu unsur dari bauran pemasaran yg memberikan informasi yg bersifat persuasif untuk menciptakan permintaan dan kemudian terjadi pertukaran dalam pemasaran. Konsumen yg semula tidak tertarik dengan suatu produk, dengan dilakukannya promosi yg efektif dan efisien kemungkinan besar konsumen tersebut akan berubah pikiran untuk membeli produk tersebut. Menurut Swastha (2007:72), tujuan dari promosi yg dilakukan oleh suatu perusahaan merupakan :
  • Modifikasi tingkah laku: Orang-orang melakukan komunikasi itu mempunyai beberapa alasan, antara lain mencari kesenangan, mencari bantuan, memberikan pertolongan, atau instruksi, memberi informasi, mengemukakan ide/pendapat.
  • Memberitahu: Kegiatan promosi dapat ditujukan untuk memberi tahu pasar yg dituju tentang penawaran perusahaan.
  • Membujuk: Promosi yg bersifat membujuk terutama diarahkan untuk mendorong pembeli. Sering perusahaan tidak ingin memperoleh tanggapan secepatnya, tetapi lebih menyatu, maka untuk menciptakan kesan positif ini dimaksud agar dapat memberi pengaruh dalam waktu yg lama terhadap perilaku pembeli.
  • Mengingatkan: Promosi yg bersifat mengingatkan dilakukan terutama untuk mempertahankan merek produk dihati masyarakat dan perlu dilakukan selama tahap kedewasaan dalam siklus produk
               Kotler dan Amstrong (2011:92) mengatakan bahwa terdapat lima variabel didalam bauran promosi (promotional mix) yaitu :
  • Periklanan (advertising): Segala biaya yg harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasidan promosi non pribadi dalam bentuk gagasan, barang atau jasa
  • Penjualan Personal (personal selling): Presentasi pribadi oleh para wiraniaga perusahaan dalam rangka mensukseskan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan
  • Promosi penjualan (sales promotion): Insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa
  • Hubungan masyarakat (public relation); Membangun hubungan baik dengan publik terkait untuk memperoleh dukungan, membangun citra perusahaan yg baik dan menangani atau menyingkirkan gosip, cerita dan peristiwa yg dapat merugikan
  • Pemasaran langsung (direct marketing): Komunikasi langsung dengan pelanggan yg diincar secara khusus untuk memperoleh tanggapan langsung.
Dalam suatu pemasaran, kegiatan promosi memiliki beberapa manfaat yaitu: (Sigit, 2007:89)
  • Membantu dalam memperkenalkan barang baru dan kepada siapa atau dimana barang itu dapat diperoleh
  • Membantu perusahaan dalam melakukan expansi
  • Membantu dan mempermudah penjualan yg akan dilakukan oleh para penyalur
  • Memberi keterangan/penjelasan kepada pembeli atau calon pembeli
  •  Membantu mereka yg melakukan penjualan
Kegiatan promosi memiliki beberapa tahap pelaksanaan yaitu : (Swastha dan Irawan 2008:81)
  • Menentukan Tujuan: Tujuan promosi merupakan awal untuk kegiatan promosi. Jika perusahaan menetapkan beberapa tujuan sekaligus, maka hendaknya dibuat skala prioritas atau posisi tujuan mana yg hendak dicapai lebih dulu
  • Mengidentifikasi Pasar yg Dituju: Segmen pasar yg ingin dicapai oleh perusahaan dalam promosinya harus dapat dibatasi secara terpisah menurut faktor demografis dan psikografis. Pasar yg dituju harus terdiri atas individu-individu yg sekiranya bersedia membeli produk tersebut selama periode yg bersangkutan
  • Menyusun Anggaran: Anggaran promosi sangat penting untuk kegiatan-kegiatan perencanaan keuangan dari manajer pemasaran. Anggaran digunakan untuk mengarahkan pengeluaran uang dalam mencapai tujuan tersebut
  • Memilih Berita: Tahap selanjutnya dimulai dengan berita yg tepat untuk mencapai pasar yg dituju tersebut. Sifat berita itu akan berbeda-beda tergantung pada tujuan promosinya. Jika suatu produk itu masih berada pada tahap perkenalan dalam siklus kehidupannya, maka informasi produk akan menjadi topik utama. Sedangkan pada tahap selanjutnya perusahaan lebih cenderung mengutamakan tema promosi yg bersifat persuasif
  • Menentukan Promotional Mix: Perusahaan dapat menggunakan tema berita yg berbeda-beda pada masing-masing kegiatan promosinya. Misalnya, hubungan masyarakat dapat dilakukan untuk menciptakan kesan positif terhadap perusahaan diantara para pembeli. Periklanannya dapat dititik beratkan untuk memberikan kesadaran kepada pembeli tentang suatu produk atau perusahaan yg menawarkannya
  • Memilih Media Mix: Media merupakan saluran penyampaian pesan komersial kepada khalayak sasaran. Untuk alternatif media secara umum dapat dikelompokkan menjadi media cetak (surat kabar, majalah, tabloid, brosur, selebaran) media elektronik (Televisi, radio) media luar ruang (baleho, poster, spanduk, balon raksasa) media lini bawah (pameran, direct mail, point of purchase, kalender). Untuk itu manajer harus memilih media yg cocok untuk ditujukan pada kelompok sasaran produk perusahaan
  • Mengukur Efektifitas: Pengukuran efektifitas ini sangat penting bagi manajer. Setiap alat promosi mempunyai pengukuran yg berbeda-beda, tanpa dilakukannya pengukuran efektifitas tersebut akan sulit diketahui apakah tujuan perusahaan dapat dicapai atau tidak
  • Mengendalikan dan Memodifikasi Kampanye Promosi: Setelah dilakukan pengukuran efektifitas, ada kemungkinan dilakukan perubahan rencana promosi. Perubahan dapat terjadi pada promotional mix, media mix, berita, anggaran promosi, atau cara pengalokasian anggaran tersebut. Yg penting, perusahaan harus memperhatikan kesalahan-kesalahan yg pernah diperbuat untuk menghindari kesalahan yg sama di masa mendatang. 
Indikator yg mencirikan promosi yg juga akan digunakan dalam penelitian ini, yaitu: (Kotler, 2009:123)
  • Jangkauan promosi
  • Kuantitas penaygan iklan di media promosi
  • Kualitas penyampaian pesan dalam penaygan iklan di media promosi.

1 Response to "Ulasan Tentang Pengertian Promosi"