Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah

Pentingnya Pendidikan Moral Etika mewakili sifat tanggung jawab moral (pribadi). Karima adalah yang terbaik dan paling menakjubkan. Jadi kepribadian yang bermartabat atau karakter yang hebat/hebat. Di era modern ini Indonesia sedang mengalami kemerosotan moral terutama di kalangan anak-anak. Berbagai peristiwa negatif seperti bullying sering terjadi di sekolah. Alasan untuk berkelahi dan menjadi korban adalah contoh dari degradasi moral. Bagaimana jika siswa mengabaikan pendidikan moral sekolah saat ini?

Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah  Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah

Jika kita melihat banyak anak muda remaja yang berani berkelahi dengan orang tuanya mereka berdandan dengan orang tua yang pamer istri serta melakukan perbuatan buruk lainnya yang kurang semangat. Perilaku tersebut dapat membahayakan pikiran manusia jika tidak segera ditangani.

Oleh karena itu umat Islam yang bertakwa harus terlibat dalam mengenalkan kedisiplinan kepada anak-anak negeri khususnya anak-anak kita.

Pendidikan tidak hanya memberikan ide-ide yang meningkatkan pengetahuan mereka tetapi juga membantu mereka memainkan peran positif pada anak-anak.
Sekolah bukan satu-satunya tempat mendapatkan pendidikan karena orang tua/keluarga mempunyai tanggung jawab utama untuk memberikan pendidikan akhlak khususnya kepada anak.
Perilaku berdasarkan usia harus diajarkan untuk meningkatkan perilaku anak karena martabat seperti itu adalah perilaku / aktivitas terpuji yang bermanfaat bagi orang dan Anda.

Berikut beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menjadikan akhlak sebagai acuan dalam menanamkan akhlak pada anak-anak kita.

1. Karakter Karima ditanamkan pada anak usia dini dalam kaitannya dengan aktivitasnya. 


Tujuan pendidikan adalah mencerdaskan anak bangsa agar dapat mencapai cita-citanya.

Sebagai orang tua kita harus membantu mencegah anak-anak kita mencapai tujuan duniawi seperti menjadi dokter atau guru.

Namun di samping itu sebagai orang tua tetap perlu mengajarkan kepada anak tentang kedisiplinan agar anak tidak hanya memiliki kecerdasan tetapi juga karakter yang positif.

Tujuan pendidikan moral adalah untuk menumbuhkan citra positif di kalangan anak-anak sejak usia dini dengan menggunakan Al-Quran untuk mengikuti praktik kita sehari-hari.

Menanamkan kualitas yang mengagumkan pada anak-anak sejak usia dini seperti jujur adil rendah hati bijaksana penyayang dll.

Jika anak memiliki akhlak dan perilaku yang baik sejak kecil maka anak tidak akan melakukan perbuatan buruk dan tidak akan cenderung kepada orang tua.

Mereka juga tahu bagaimana bergaul dengan orang lain terutama orang tua.

Dengan kepribadian yang baik orang dapat mengembangkan sikap cinta dan menghargai satu sama lain.

2. Akhlakul Karimah ditanamkan dalam diri anak sebagai keyakinan 

Pendidikan akhlak dengan iman berakar dalam hati setiap anak. Konon akhlak tidak akan habis seiring berjalannya waktu dan akan terus diterapkan kapan saja di mana saja. Setiap orang akan menanamkan dalam dirinya moralitas.

Jika iman itu penuh dengan kebaikan maka setiap orang akan selalu bertindak sesuai dengan ajaran Al-Quran. Padahal kejahatan yang berbeda tidak akan terulang atau setidaknya berkurang jika lebih banyak orang memiliki moral yang baik.

3. Akhlakul Karimah diajarkan melalui ibadah hingga akhir hayat

Beribadahlah tepat waktu untuk mengajarkan akhlak kepada anak-anakmu. Ajari anak-anak untuk selalu berdoa lima waktu dan memberi contoh untuk memimpin doa yang baik dan benar bagi mereka. Anda juga bisa mengajari anak Anda membaca Al-Quran dengan benar.

4. Akhlakul Karimah bersifat menyeluruh

Disiplin adalah ajaran yang menyeluruh yang diberikan kepada siapa saja tanpa memandang tempat dan waktu dan setiap saat.

Pendidikan etika harus diajarkan sejak usia dini dengan hubungan sosial dengan orang lain dan lingkungan.

Kemudian mereka memiliki akhlak yang baik dan akan menjadi baik dan dicintai banyak orang.

5. Akhlakul Karimah hendaknya harus selalu terjaga dan dipelihara

Pendidikan tidak diberikan untuk pelatihan. Tidak peduli seberapa aman dan terjaminnya itu kita harus selalu berhati-hati dalam apa yang kita katakan dan lakukan.

Apalagi di zaman modern ini jika tidak memperkuat diri dengan akhlak yang baik maka akan terkena hal-hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Pendidikan moral itu penting sejak kecil atau sekarang. Dengan begitu moral anak-anak kita tidak akan menjadi krisis moral saat ini.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan menguatkan keyakinan Anda akan pentingnya membudayakan pendidikan moral sejak dini. musim semi https://www.websitependidikan.com/
Selain sebagai sumber informasi edukasi kami juga membagikan artikel tentang perusahaan.


0 Response to "Pentingnya Pendidikan Berbasis Akhlakul Karimah"

Post a Comment